Jumat, 24 Desember 2010

Garage Rock

Garage Rock adalah sebuah genre musik yang berasal dari persepsi anak muda yang menganggap bahwa skill bermusik mereka masih amatir dan yang paling terpenting dari arti Garage Rock ini adalah mereka sering berlatih di garasi rumah mereka ! dan memang terdengar sedikit aneh mengenai pernyataan tersebut.

Tema khas dari genre musik Garage Rock ini bermuara pada trauma kehidupan sekolah, dan cerita tentang percintaan khas anak remaja. Ciri dari genre musik ini terlihat dari lirik yang agresif, lalu suara teriakan vokal yang khas, serta instrumen gitar yang terdistorsi membuat para remaja tidak henti-hentinya untuk ber-headbang.

Pada masa jayanya pada tahun 60an sampai 70an, band yang ber-genre Garage Rock menghasilkan ratusan ribu hits dan sebagian besar mereka berada di Amerika dan Kanada . Kemudian muncul The British Invasion, dan itu karena terinspirasi oleh banyaknya peminat Garage Rock di belahan amerika. Setelah itu praktis musik Garage mulai hilang dari peredaran, karena para remaja pada waktu itu lebih suka mendengarkan musik disko.

Kemudian pada awal-awal tahun 2000, muncul lah 4 band yang memberikan secercah harapan pada penggemar musik garage. mereka adalah : The Strokes dari New York, The Hives dari Swedia, The Vines dari Australia, yang terakhir The White Stripes dari Detroit. Kehadiran 4 band tersebut langsung disambut dengan respon yang positif oleh para penggemar musik Garage. Dan seiring berjalannya waktu, muncul band-band baru yang memberikan sentuhan baru pada musik Garage tersebut. Contohnya : Arctic Monkeys, The Killers, Jet, Franz Ferdinand, Yeah Yeah Yeahs

I LOVE GARAGE ROCK!!. Jadi, Masihkah anda ragu menikmati lagu-lagu keras seperti genre musik Garage ini ? :D

1 komentar: