Selasa, 21 Februari 2012

CONTOH PROYEK TI

Dalam contoh proyek TI ini saya akan membahas tentang Sistem Layanan Elektronik atau E-layanan yang di dalam bahasa inggris disebut Electronic Services atau E-Services. Aplikasi tersebut memanfaatkan teknologi informasi. Layanan ini meliputi beberapa unsur yaitu seperti layanan E-tailing, dukungan pelanggan dan pelayanan. Definisi aplikasi ini mencerminkan dari 3 komponen utama seperti penyedia layanan, penerima layanan dan saluran pelayanan (teknologi). Internet merupakan saluran utama dari layanan pengiriman elektronik, lalu juga ada saluran pelayanan lainnya seperti telepon, call center, handphone, televisi, dll. Ada beberapa manfaat untuk layanan elektronik tersebut, diantaranya adalah meningkatkan citra perusahaan, berpotensi untuk meningkatkan pengetahuan pelanggan, memperluas jangkauan pasar, meningkatkan layanan kepada pelanggan, mengakses basis pelanggan yang lebih besar, dll. Untuk arsitektur e-layanan ini bergantung pada jenis layanan karena adanya beberapa fungsi tertentu yang diperlukan pada kerangka arsitektur layanan elektronik tersebut. Arsitektur e-layanan tidak terbatas hanya pada sumber data, layanan pelanggan, aplikasi integrasi, antarmuka pelanggan melalui halaman web, dll.
Contoh praktis layanan elektronik dalam perkembangan dunia seperti pada negara-negara berkembang telah fokus pada pengembangan TI selama beberapa tahun belakangan ini. Hal ini disebabkan karena TI sangat penting untuk penunjang pembangunan ekonomi di negara tersebut. Banyak lembaga pemerintah di negara maju telah mengambil langkah cepat terhadap penggunaan web serta TIK, hal ini untuk menambahkan kompetensi semua kegiatan-kegiatan yang ada di internet, lalu untuk memperluas akses dan keterampilan, disamping itu juga membuka layanan interaktif agar meningkatkan partisipasi warga dalam pengelolaan wilayah. Berikut adalah salah satu contoh tentang layanan elektronik di beberapa negara berkembang :
Telkom E-Service
Telkom E-Service ini merupakan layanan baru dari Telkom yang dibuat untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan semakin mendekatkan Telkom dengan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa layanan yang diberikan oleh Telkom E-Service :
·        Informasi Tagihan
Memberikan informasi tagihan telepon, flexy, dan speedy lengkap dengan komponen tagihannya.
·        Permohonan Fitur
Disini kita bisa melakukan permohonan fitur melalui Telkom E-Service tanpa harus datang ke Telkom, fitur-fiturnya adalah Buka/Tutup SLI, Buka/Tutup Premium Call, Caller ID, Call Forwading, Call Waiting, dll.
·        Laporan Gangguan
Untuk laporan gangguan ini digunakan saat adanya ketidaknyamanan layanan yang diberikan oleh Telkom.

Untuk mendapatkan layanan Telkom E-Service ini diharuskan untuk melakukan registrasi. Setelah registrasi disetujui, kita bisa mendapatkan username dan password yang dikirim melalui email.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar